Tuesday, November 25, 2014

SHARING 28 (25.11.2014) : “Pembayaran Fee / Uang Jasa”

Please Visit My Website : www.sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha 77 Dancer / Alpha Entertainment (“,)

Please Follow My Instagram : sangidolamc

==========

Fee mudahnya, adalah Uang Jasa yang kita Terima dari klien atas pekerjaan kita sebagai Master of Ceremony (",).



Fee dapat anda tetapkan berdasarkan :
1. Pengalaman;
2. Skala Event / Event Scale (Reguler, Nasional, atau Internasional);
3. Jam Terbang, dan
4. Event Khusus / Specific Event.

Jika anda, adalah MC Pemula (1 sampai 5 Tahun) ada baiknya coba Kumpulkan dulu Portofolio yang saya share diawal tadi (",).
Jika sudah sebagai MC lebih dari 10 Tahun, ada baiknya coba anda Kumpulkan Skala Event / Event Scale (",) #Profesional.
Dan jika sudah sebagai MC lebih dari 10 Tahun, ada baiknya juga coba anda Cari Event Khusus / Specific Event, dan Tekuni (",) #Profesional.

Specific Event dapat / akan membuat anda diKenal, & anda dapat Menentukan Fee yang Pantas untuk Perform anda. Apa Specific Event itu ? ==> Specific Event seperti sebutannya, adalah Event Khusus atau Event yang SpesifikSpecific Event ini sepertinya belum pernah disebutkan orang sebelumnya, dan ini adalah istilah saya sendiri khusus untuk sharing ini (On 28.7.2014 at 19:47 Hours) (",) #SpecificEventSaya mempunya Specific Event itu. Specific Event saya, adalah pada Event Binaraga (Bodybuilding); Male & Female Body Contest; juga Female Sexy Models Contest #SpecificEventSpecific Event biasanya Berangkat dari Hobi atau Kesukaan kita pada suatu hal, yang pada waktunya jika diKembangkan akan dapat mengHasilkan Uang / Fee (",) #SpecificEvent #MakeMoney.



PERLU DIINGAT & DISIMAK !!! Walaupun kita sudah Mempunyai "Standar Fee", yang untuk selanjutnya disebut sebagai "Professional Fee"; Klien kadang Tidak Peduli / Tidak Mau Tahu dengan ke 3; atau ke 4 Kriteria yang sudah kita miliki sebagai Portofolio. Klien akan Tetap Menawar dengan "Keras"; tapi mengHarapkan acaranya "Happening" dengan kita sebagai MCnya....hehehe.... Keputusan ada ditangan anda. Anda akan Menerima atau Melepaskan Job itu (",) #ProfessionalFee.
Lain halnya jika Klien memakai artis untuk membawakan acaranya; berapapun yang diminta si artis pasti disetujui #Fact. Maaf, walaupun si artis Tidak / Belum Pernah punya Pengalaman membawakan acara seperti acara si klien (",) #Fact.
INGAT !!!! Jangan pernah Lupakan MoU (Memorandum of Understanding) antara anda dengan klien. MoU Bisa diBuat oleh anda, atau oleh klien (",) #MoU #Smart.
MoU berguna untuk mengAmankan anda dan saya; khususnya untuk Fee dan Perform Timing ==> jika klien Ingkar (",) #INGAT #SIMAK #MoUMoU diTandatangani oleh anda dan klien sebagai para Pihak yang berSepakat (",) #MoUMoU dibuat sesuai dengan kebutuhan anda dan klien; termasuk didalamnya soal Pembayaran FEE (",) #MoU.



Sistim Pembayaran FEE oleh klien yang saya tahu terbagi menjadi :
1. Cash via Bank Transfer sebelum hari H;
2. Cash On Event Location sebelum acara Running;
3. DP 50% sebelum hari H; dan Pelunasan 50% beberapa hari sebelum hari H, atau pada hari H sebelum acara Running, dan
4. Pembayaran dengan 3 Termin, yaitu : 40% 40% 20%; biasanya Event yang berlangsung beberapa hari, atau beberapa minggu ==> DP 1 = 40% dibayarkan oleh klien beberapa hari sebelum acara Running; DP 2 = 40% dibayarkan oleh klien pada hari Pertama Event; dan Pelunasan 20% dibayarkan oleh klien Maksimal pada Hari Terakhir Event sebelum acara Running, bisa via Bank Transfer dengan Bukti Struk Transfer dengan tanggal hari Pelunasan, atau sebelumnya, atau TUNAI / CASH sebelum / sesudah perform.

INGAT !! Jangan pernah anda mau diBayar oleh klien setelah Acara Selesai. Kenapa ? Karena kita Bukan Vendor Produksi tapi Vendor JASATetap semua sistim Pembayaran FEE tergantung pada apa yang telah diSepakati antara anda dan Klien di MoU #Smart #MoU.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #PembayaranFee/UangJasa

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)
> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment