Friday, November 14, 2014

SHARING 19 (14.11.2014) : "Fakta Tentang Klien"

Please Visit My Website : www.sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha 77 Dancer / Alpha Entertainment (“,)


Please Follow My Instagram : sangidolamc

==========

Bahasan Klien disini, adalah Real Client / Company, Penekanan pada ORANGnya, dan BUKAN bahasan tentang COMPANY; EO; dan sejenisnya.
MC / Host tidak selalu mendapat job hanya dari EO saja; kadang bisa DIRECT dari klien (biasanya dengan GA Div.; atau Promo Div.).



Artinya, jika anda berhubungan langsung dengan klien ada keuntungan yang anda dapat, yaitu tidak ada pemotongan pada Fee anda (“,). Benar (",); adalah hal yang sangat menyenangkan jika anda dapat berhubungan langsung dengan klien (",).
Dan apalagi Jika klien telah "Jatuh Cinta" pada anda / saya; maka Klien akan meminta pada EO bahwa hanya anda / sayalah MC / Host yang harus RUNNING untuk acaranya. Dan dalam hal ini EO tidak berkutik (",).

INGAT & CATAT !! Jangan kepercayaan klien ini membuat anda jadi terLena dan meLupakan banyak hal yang nantinya akan merugikan kita sendiri.

Inilah "Fakta Tentang Klien" yang harus anda tahu dan pahami :
1. Client is Client; artinya Klien bukan sahabat atau teman, tapi adalah rekan kerja yang memakai jasa kita sebagai MC / Host untuk acaranya.
2. Jangan pernah menjalin hubungan perSahabatan terutama dengan orang Marketing / Promo / GA dari klien anda; Cukup Kenal Saja sebatas pekerjaan; JANGAN LEBIH !!. Karena mereka akan memanfaatkan persahabatan semu ini hanya untuk mendapatkan Fee murah dari anda / saya dengan menuntut Performance yang maksimal dari kita; Hanya untuk MemperTahankan posisinya di Company tempat dia bekerja. Info saja : Saya pernah mengalami hal ini !!! #SayaRugi #KlienTertawaSenang.



3. Jangan pernah ABAIKAN MoU dengan Klien !!! PENTING untuk melindungi anda / saya !!!!. INGAT BAIK - BAIK !!!Karena Tanpa adanya MoU, kita sebagai MC / Host tidak mempunyai acuan KUAT untuk kepastian Event itu dipercayakan pada anda; Hati - Hati & SmartDan tanpa adanya MoU, CATAT !!. Klien akan semena - mena MEMBATALKAN sePihak job kita; sementara dihari perform yang sama kita sudah menolak job dari klien lain. Saya pernah mengalaminya dan saya harus menanggung banyak biaya dari pembatalan sepihak ini hanya karena mengandalkan PERSAHABATAN SEMU dan TIDAK ADANYA MoU #PembelajaranHidup. Saya harus membayar semua Hak Tim saya karena pembatalan sepihak ini (“,) #Professional. Dan 1 hal ==> Klien tersebut santai saja dan tidak merasa bersalah...ha...ha.... #MoUPENTING!!.
4. Jangan pernah terlena sekalipun Klien tersebut adalah saudara kita... Ingat !!! Business is Business... Dan ini semua, adalah diluar hubungan Kekeluargaan / Persaudaraan #UangTidakKenalKeluarga/Saudara #WeAreLookingForMoneyForFamily.
5. Seorang Sahabat tidak akan pernah mengecewakan kita !! Tapi Jangan mencari perSahabatan dengan klien kita... Ingat !!. Mereka juga punya kepentingan sendiri untuk karir di Companynya, jadi jangan anda berpikir bahwa mereka akan berJUANG untuk anda dan saya,yang notabene adalah Vendor / Outsider #SimakBaik.


6. Ingat !! Dengan adanya MoU, anda / saya akan aman dan akan Percaya Diri jika sampai terjadi Penolakan SEPIHAK oleh klien. Anda yang masih Single mungkin berpikir MoU bukan hal yang ABSOLUTE; tapi jika anda sudah berkeluarga, Ingat, dibelakang anda ada keluarga anda yang harus anda Nafkahi. Jadi mulailah berPikir / Rubah Mind Set anda UNTUK Harus adanya MoU pada Kerjasama dengan klien ini.
7. Jangan pernah percaya dengan kalimat "GENTLEMEN AGREEMENT"..ha..ha..itu BOHONG !!!. Orang yang TRICKY yang terBiasa menggunakan kalimat ini. Jika Fee anda tidak dibayar; atau dibatalkan sepihak oleh klien, maka anda hanya bisa MELONGO saja...ha...ha... #DuniaMCSadezzzz.
8. "MoU" lebih melindungi anda / saya; daripada kalimat "Gentlement Agreement" !!!. Saya pernah mengalami kekuatan dari MoU ini (“,). Hati - hati dengan kata - kata klien : "Yaaa elaa masa kaga percaya sich loe sama gue, pake MoU - MoUan segala" #TidakBicaraTentangKepastian #PastiNiatMenipu. Dan jika klien tidak mau Menandatangani Mou; atau Mengutus Timnya Tapi Hanya kita yang diminta Menandatangani MoU; atau Mengulur Waktu untuk Menandatanganinya, anda harus Mulai Berpikir !!!.

Tapi jika anda mau memakai "KATA HATI".... Silakan saja (",) #KeputusanTerbaikTetapDiTanganAnda #KeluargaKita

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #FaktaTentangKlien

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)
> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment