Monday, November 17, 2014

SHARING 25 (17.11.2014) : “Bahasa Kiasan / Basa Basi Itu Tidak Perlu”

Please Visit My Website : www.sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha 77 Dancer / Alpha Entertainment (“,)

Please Follow My Instagram : sangidolamc


==========


Anda mungkin berpikir title sharing kali ini Mengada - ada (",) ==> "BAHASA KIASAN / BASABASI ITU TIDAK PERLU !!" (",).#SangIdolaMCSharing


Banyak dari kita; mungkin termasuk juga saya ==> Selalu bicara penuh dengan Basa Basi agar orang yang mendengar jadi terSanjung ==> FAKTA (",). Sah - sah saja jika anda ingin berbicara penuh dengan basa basi; tapi TIDAK untuk anda yang berProfesi seperti saya, yaitu sebagai seorang Master of Ceremony (",).
Koq begitu ? Kenapa ? ==> Banyak Kesalahan yang Jadi PemBenaran dengan Alasan "Semua Orang Mengatakan Hal yang sama lho….." #Miris #TidakMauBelajar.
Coba kita Telaah jika dilihat dari bahasa Indonesia yang Baik dan Benar (",). Saya bukan ahli bahasa tapi saya selalu berusaha belajar dari kesalahan yang pernah saya buat sebelumnya (",).
Maaf sekali; Banyak sekali yang mengaku sebagai seorang Pembicara Publik yang Masih Melakukan basa basi ini ==> FAKTA. Banyak ditemui penggunaan basa basi ini pada Event - event Formal, dimana biasanya banyak orang - orang penting yang hadir.
Saya perhatikan kesalahan ini juga masih ada dikalangan atas (",). Dengan rundown yang sangat rapi, apa artinya jika kesalahan tersebut masih dipakai ? (",).
Ada yang pernah bertanya, apakah saya punya Ilustrasi tentang basa basi ini ?. Tentunya IYA; karena saya adalah Public Speaker, dan tentunya saya tidak akan sharing dengan sembarangan (",).


Ilustrasinya seperti ini (",) ==> Pada sebuah acara Seminar salah satu orang penting yang hadir, adalah Bp. M selaku CEO PT. Z; dan dia dijadwalkan akan berbicara untuk memberikan kata sambutan. Sang MC lalu memanggil dia dengan berkata : "Kepada WAKTU & TEMPAT kami persilakan…..".... Ehmm Waktu & Tempat ???. Maaf, apakah anda Mendengar / Merasakan ada sesuatu yang Janggal / Aneh ?. Yaa anda benar (“,) ==> Yang Terdengar Janggal, adalah kalimat Pengundang itu ==> "Kepada Waktu & Tempat...." (",). Dan kalimat itu menurut saya berarti : Yang akan memberikan kata sambutan, adalah "Waktu & Tempat"; DAN BUKAN Bp. M (",). Semoga anda tidak menjadi Bingung (",).
Bukankah lebih baik jika sang MC mengatakan : " Kepada Bp. M kami persilakan ke Panggung / Stage untuk memberikan Kata Sambutan ??" (",). Bukankah kalimat tersebut terdengar Sangat Jelas ?. Dan orang yang Hadirpun Tahu Pasti Bahwa Bp. M-lah yang akan memberikan kata sambutan (",).



Hal yang sama dengan kalimat lanjutan ini ==> “……..Untuk Memberikan Sepatah Dua Patah Kata”….. (“,). Satu kalimat saja sudah terdiri dari beberapa kata (“,). Apakah mungkin kata sambutan terangkum Hanya Maksimal Dalam Dua Kata saja….. ?? #ThinkSmart (“,).
Ada lagi kalimat yang baru saya dengar belum lama ini ==> “Terima kasih atas kehadiran Bapak B selaku CEO PT. W; Juga Terima kasih atas kehadiran Bapak L selaku GM PT. Y; Juga kami ucapkan terima kasih kepada Para Tamu dan Undangan Lain Yang Tidak Dapat diSebutkan satu per satu UNTUK MENYINGKAT WAKTU DAN MEMPERCEPAT ACARA” - Anda ingin tertawa ? (“,) FAKTA : Pernah saya singgung di sharing saya terdahulu bahwa “RUNDOWN DAN KELANCARAN SEBUAH ACARA ADA DI KEPANITIAAN YANG SOLID, DAN BUKAN MENJADI KESALAHAN DARI PARA TAMU DAN PARA UNDANGAN JIKA ACARA MENJADI LEBIH LAMA DARI YANG SUDAH DISEPAKATI BERSAMA ANTARA PANITIA”. CATAT : Dan saya katakan bahwa ujung dari sebuah kalimat diatas yang mengatakan “UNTUK MENYINGKAT WAKTU DAN MEMPERCEPAT ACARA” adalah KALIMAT YANG AMAT SANGAT BODOH YANG TELAH DIUCAPKAN DAN KELUAR DARI MULUT SEORANG PEMBAWA ACARA !!! Wooow….. Apa yang ada di pikiran anda ? (“,)



Itulah yang saya share diawal sharing ini ==> Bahwa kalimat itu, adalah Kesalahan yang Sudah Jadi PemBenaran, karena Mayoritas Orang Menggunakannya (",).
MUNGKIN TIDAK ada orang yang berani Merubah / Meralatnya; karena amat sangat kritisnya masyarakat kita dengan hal - hal yang sudah menjadi satu Kebiasaan; Walaupun Mungkin dia tahu, Tapi dia Sungkan / Tidak Berani Merubah Dengan Perkataannya dengan satu alasan ETIKA. Katakan saja, dan orang yang akan Menilai Bahwa Anda Benar dalam Menyampaikan Sebuah Kalimat (“,).
==> Mari anda / saya sama - sama Belajar untuk Berkata Baik, dan Benar dalam setiap Perform kita (",). Dan Jika anda / saya Sudah Tahu Sesuatu Yang Benar, Tapi anda / saya Tidak Berani Mengatakannya dalam perform kita; Maka Maaf saya katakan anda / saya Salah, dan anda / saya Pasti Akan Selalu Ada Dalam Kesalahan itu (“,) #Komitmen #Smart #Profesional.



Saya menganut filosofi "Learning Is Never Ending" (",). Dan sampai detik ini dimana saya sedang menulis sharing ini; masih saya lakukan yang namanya Belajar ==> Jika bukan untuk orang lain; Minimal saya Lakukan untuk Kemajuan diri saya sendiri; dan untuk Karir saya (",).
Saya tahu akan terjadi Pro Kontra atas sharing saya ini...(",) Finally, KePutusan Tetap anda diTangan anda (“,).

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #BahasaKiasan/BasaBasiItuTidakPerlu

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)
> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment