Monday, November 10, 2014

SHARING 14 (10.11.2014) : "Common Knowledge"


Please Visit My Website : sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha Entertainment / Alpha 77 Dancer (“,)

Please Follow My Instagram : sangidolamc

==========

Common Knowledge, dapat diartikan sebagai "Pengetahuan Umum" ==> Apa Maksud & Aplikasinya di Public Speaking World ini ?. Anda / saya sebagai Pembicara Publik tentunya HARUS terlihat Smart & Aware dengan Isu - Isu / Trending Topic yang beredar di khalayak. Tentunya isu - isu yang akan anda lontarkan / sampaikan saat perform Harus yang sesuai dengan minimal sub title dari acara yang sedang anda bawakan ==> Contoh : Saat anda dipercaya untuk membawakan satu acara dengan title "Lingkungan Hidup"; maka lontaran isu - isu yang hendak / akan anda sampaikan tentunya Harus yang berhubungan dengan lingkungan hidup juga agar terlihat Korelasinya; seperti : Banjir; Kebakaran Hutan; Penebangan Liar; Jangan Membuang Sampah Sembarangan; dll (",).


Hal yang samapun harus anda lakukan saat anda dipercaya memegang Event dengan title yang berbeda; Artinya Mau Tidak Mau; Suka Tidak Suka anda harus AWARE terhadap isu - isu global terutama isu - isu dari Dalam Negeri [Indonesia Kita TerCinta (",)] ==> Bagaimana caranya agar kita bisa tahu tentang Common Knowledge ini ?.

Caranya, adalah dengan MEMBACA ==> BANYAK MEMBACA TEPATNYA (",). Koq Membaca ? Kenapa tidak Mendengarkan saja ?. Saya akan share tentang Mendengarkan terlebih dahulu (",). Mendengarkan, adalah satu kegiatan Pasif dimana anda / saya hanya duduk dan mulai mendengarkan (",). Benar apa yang anda dengarkan akan bertahan tapi tidak lama, artinya ketika apa yang kita dengarkan sudah tidak menjadi isu / trending topic lagi; maka apa yang kita dengarkan beberapa saat yang lalupun akan perlahan hilang dari ingatan kita. Anda boleh setuju; juga boleh tidak setuju dengan sharing saya ini tentang Mendengarkan (",).

Saya lanjutkan sharing ini dengan tentang Membaca (",). Membaca, adalah satu kegiatan Aktif dimana anda / saya Fokus kepada Materi yang kita baca (",) ==> Berbicara Fokus dalam Membaca, artinya Pada saat yang bersamaan disaat kita Fokus Membaca; sadar atau tidak sadar seluruh Perhatian / Konsentrasi akan tertuju pada apa yang kita baca (",). Saya saat membaca harus tenang, ini hanya masalah kebiasaan saja (",). Jenis Materi Bacaan apapun yang akan kita baca; kita pasti memerlukan fokus / konsentrasi penuh untuk memahami apa yang kita baca; AMAT SANGAT BERBEDA dengan bacaan - bacaan yang bersifat humor ==> Tidak perlu fokus saat membacanya (",).


Jadi artinya kita harus selalu membaca buku agar Common Knowledge kita bertambah (",) ? ==> Buku penting TAPI tidak semua buku Harus kita baca; Saya katakan ini didalam lingkup kita sebagai Pembicara Publik dimana kita lebih fokus pada hal - hal yang sedang Booming sebagai isu / trending topic (",). Bacaan berbau sejarah baik; Bacaan berbau ekonomi, teknologi, dll juga baik untuk dibaca (",).  Bacaan - bacaan tersebut adalah bacaan yang awet dan tahan lama dalam ingatan kita (Bedakan dengan Mendengarkan !!).
Hal - hal yang saya bahas diatas dapat dikatakan sebagai cara Konvensional (",). Dan saya akan menginformasikan satu cara yang sangat Praktis dalam bahasan Common Knowledge ini (",). Dalam keseharian kita tentunya tidak terlepas dari yang namanya beraktifitas didalam dan diluar rumah / ruangan. Tanpa kita sadari; kita melihat, dan membaca sebuah billboard yang menayangkan sebuah iklan ==> Hebatnya tanpa disadari kita pasti akan teringat apa yang sudah kita baca di billboard itu; dan akan bertahan lama diingatan kita.... Benar ?. ARTInya disaat anda sedang beraktifitas didalam / luar ruanganpun kita akan selalu melihat dan membaca dan membaca dan membaca (",).


Pertanyaannya sekarang : Kenapa kita tidak mulai membaca Kepala Berita / Headline / Tagline dari penjaja koran yang kita temui ditengah aktifitas kita ? (",). Saya banyak mendapat Common Knowledge dari Membaca Kepala Berita / Headline / Tagline dari penjaja koran yang saya temui. Saya membacanya saat sedang beraktifitas dijalan raya (berkendara, dan berhenti saat lampu merah) / dirumah (",) ==> Contoh : Di Kepala Surat suatu surat kabar terbaca "NEGARA BAGIAN X PAGI INI DILANDA TSUNAMI" (",). Apa yang ada dipikiran anda / saya saat Membaca kata Tsunami ? Maaf, tentunya kita akan berpikir tentang laut; ombak; gempa bumi; air bah khan ?. Nah dari apa yang kita baca di Kepala Berita suatu surat kabar tadi dapat anda lontarkan / sampaikan ke audience pada saat anda / saya perform (",). Sekali lagi saya ingatkan tentunya isu - isu / trending topic yang akan anda / saya sampaikan harus berhubungan minimal dengan sub title acara yang kita bawakan.

BACALAH SELAGI ANDA MEMPUNYAI KESEMPATAN & KEEP AN EYE lingkungan sekitar kita ==> Ada Isu apa yg sedang Trend In (",).

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #CommonKnowledge

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)
> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment