Wednesday, December 10, 2014

SHARING 32 (10.12.2014) : “Anggap Audience Sebagai Keluarga; Jangan Grogi / Demam Panggung”

Please Visit My Website : www.sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha 77 Dancer / Alpha Entertainment (“,)


Please Follow My Instagram : sangidolamc

==========

"Grogi / Demam Panggung", adalah kata Klasik yang selalu menghantui, ketika seseorang akan mulai untuk berbicara di depan public. Terdengar kata “Grogi / Demam Panggung” ini seperti sepele; tapi ketika anda mulai diHantui kata dan rasa Grogi ini, Maka acara akan Berantakan Hanya karena anda TerFokus pada kalimat : Apakah saya bisa ?? Apakah saya bisa ?? (“,).



Saya pernah share : Hal terSulit menurut saya saat berbicara di depan publik, adalah saat kita harus mulai berbicara pada sebuah acara keluarga (“,). Diawal karir, saya pernah mengalaminya, dan sangat berat pada saat itu (“,). Tidak ada satu katapun keluar dari mulut saya dengan lancar (“,) #PengalamanPribadiAdalahGuruTerbaik.
Jadi bagaimana cara mengatasi "Grogi / Demam Panggung" ini saat kita harus berbicara di depan publik ??? #Profesi. Adalah hal yang sangat biasa, diawal karir seseorang akan merasa Grogi / Demam Panggung, dan terIntimidasi dengan suasana juga banyaknya audience yang hadir, serta rasa takut salah ucap karena Klienpun juga hadir. INGAT ==> Boleh Grogi Tapi segera kendalikan diri anda (“,) #JamTerbang.
Saya sangat yakin dan percaya bahwa #BeraniBicaraDiDepanPublik ini, adalah Talenta. Menjadi seorang Public Speaker, dan menjadi #BeraniBicaraDiDepanPublik Harus dan Bisa dipelajari. Ke dua hal ini diluar Talenta (",).
Jadi anda tidak perlu merasa Superior dengan Talenta. Jika anda Tidak Memakai, dan mengEmbangkannya dengan baik, MAKA Talenta anda itu pun akan "MATI" #BeraniBicaraDiDepanPublik ==> Talenta dapat menjadi tidak berguna, jika tidak diPakai dan diKembangkan (",).
Bagaimana Menggunakan / Mengembangkan Talenta ?. Istilah "Menjemput Bola" adalah bagian Pengembangan dari Talenta; artinya ketika anda mendengar / mendapat informasi akan ada satu acara; MAKA anda harus segera mencari tahu apakah acara itu sudah ada MCnya atau belum ?. Mudahnya : Ajukan saja diri anda sebagai MC untuk acara di internal keluarga anda (",) As simple as that (",).
Apakah semudah itu berbicara didepan orang - orang yang sebelumnya tidak kita kenal ? Jawabannya : Sangat Sulit !!! (",). Koq Sulit ? Jadi artinya kita tidak bisa dong meniti karir dijalur Public Speaking ini ?. Upzz no no no... (“,).



Semua hal perlu persiapan lho... benar ?. Saya akan share bagaimana cara mengatasi Grogi / Demam Panggung saat kita akan perform (",).
Tanyakan pada pemberi Job (ATPM, EO, dll) apa konsep acaranya ? Acara Formal atau Informal ?. Dimana acara akan diadakan ? Indoors atau Outdoors ?. Busana apa yang harus kita pakai ? Atau apakah kita mendapat Busana Event ?.
Saya juga akan share persiapan perform yang diperlukan untuk Internal kita ==> Kuasai Materi acara dimana anda dipercaya sebagai Host / MCnya. Satu hari sebelum perform, usahakan tidur selama minimal 6 jam untuk mendapatkan wajah Fresh saat anda perform esok harinya. Jika Mau ==> Baca ulang Materi / Product Knowledge satu hari sebelum anda perform, dan catat yang menurut anda penting (“,). Siapkan busana yang akan anda pakai from Head to Toe buat Perform anda esok hari [Dapat / Tidak dapat dari Klien] (",).
Karena anda seHarusnya sudah mempunyai pengalaman membawakan acara di internal keluarga anda sendiri, maka Cobalah untuk juga menganggap audience yang tidak pernah anda kenal sebelumnya sebagai Keluarga anda (",). Hal ini akan lebih memudahkan anda dalam membawakan acara itu. Karena anda melakukannya tanpa adanya rasa takut salah ucap / bicara karena kita sudah menganggap audience sebagai bagian dari keluarga kita sendiri, dan bukan sebagai tamu, atau orang yang tidak kita kenal (",).



JADI Mulailah Belajar untuk berbicara dari lingkup terkecil, yaitu Keluarga (",). Semua orang bisa bicara tapi tidak semua orang bisa dan #BeraniBicaraDiDepanPublik (",) #Fakta.
SIMAK ==> Jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan saat anda memulai untuk berBicara. Anda mau berbicara ???? Bicaralah !!!! #BeraniBicaraDiDepanPublik.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #AnggapAudienceSebagaiKeluarga;JanganGrogi/DemamPanggung

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)
> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment