Saturday, March 14, 2015

SHARING 72 (14.3.2015) : “Ritme Saat Berbicara”


Please Visit My Website : sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha Entertainment / Alpha 77 Dancer (“,)

Please Follow My Instagram : sangidolamc

==========


Ritme dalam sharing ini saya artikan Kecepatan / Speed saat kita berbicara. Masing - masing MC Pasti Mempunyai Gaya Tersendiri saat Berbicara. Masing - masing MC Pasti Mempunyai Kecepatan Mengucap Tersendiri saat Berbicara.


Sharing ini lebih saya fokuskan pada saat kita sedang bekerja berPasangan / Couple. Saat Chit Chat Pernahkah anda merasa anda Terlalu Cepat ? #Couple. Saat Chit Chat Pernahkah anda merasa anda Terlalu Lambat ? #Couple. Saat Chit Chat Pernahkah anda merasa ada Jeda Kosong diantara Chit Chat ? #Couple.
Anda dan saya yang berprofesi sebagai MC Off Air Sudah Seharusnya Tahu & Paham Dengan Ritme Kita Sendiri Saat BerBicara #Couple. Saya ber-Ritme "Agak Cepat" saat perform Sendiri atau berPasangan. Bagaimana dengan Ritme anda ? #Couple.
Pernahkah anda mendengar celetukan audience : "Dia ngomong melulu; pasangannya gratis tuh" ? #Couple. Pernah anda "merasa" celetukan audience itu ditujukan anda ? Saya pernah (",) #Couple.
Saya akan jelaskan "Ritme" ini di saat Chit Chat dengan pasangan / couple'an kita #Couple. Apapun pendapat anda tentang sharing saya ini; itu adalah Hak anda (",) #Couple. Salah satu filosofi saya dalam bekerja adalah "Think Fast & Smart". Simak sharing saya terdahulu dengan title "Common Knowledge" (",).


Di awal sharing ini saya singgung bahwa seorang MC pasti mempunyai gayanya sendiri saat berbicara. Gaya ini mencakup cara berbicaranya; juga cepat / lambat bicaranya; dan artikulasinya.
Saat saya diinformasikan bahwa saya akan berpasangan dalam satu acara; pasti saya akan mencocokkan waktu dengan calon pasangan saya dalam bekerja ini untuk sekedar ngobrol santai. Dan disaat ngobrol santai itu saya Pasti menginformasikan padanya seputar "gaya" saya saat perform. Dan jika dia tidak menginformasikan pada saya "gaya"nya saat perform; sayalah yang akan bertanya; termasuk apakah dia mempunyai "Link [Movie]" yang dapat saya lihat sebelum saya dan dia perform bersama. Hal ini akan membuat saya dapat "meraba gaya"nya saat melihatnya "hidup". Ini adalah SOP saya; karena sebelumnya saya tidak kenal dia; demikian juga sebaliknya. Dan satu hal saya tekankan bahwa “Ini Semua Untuk Kesenangannya Klien yang memakai jasa kita berdua” #Couple.
Penguasaan Product knowledge adalah Mutlak untuk Chit Chat yang Nyambung saat perform #Couple. Bagaimana jika salah satu Tidak / Kurang Menguasai Product knowledge; Hal yang Akan Terjadi adalah "Ketimpangan" disaat Chit Chat; Dan Ketimpangan ini Dilihat dan Dirasakan Langsung oleh audience #Fakta #Couple. Ketika Ketimpangan ini terjadi; "Apakah Salah Jika Salah Satunya Mengambil Alih "Kekosongan" Itu Dengan Tujuan Agar Chit Chat Seolah Terdengar "Nyambung"” ? (“,) Silakan anda bebas untuk berpendapat apapun (",) #Fakta #Couple.
Dan bagaimana jika salah satunya berbicara gaya bicaranya yang cepat; dan yang satunya lagi berbicara dengan gaya bicaranya yang santai cenderung lambat ?. Apakah anda pernah berpasangan / Couple'an dengan MC yang bergaya berbicara seperti itu ? #Fakta #Couple.


Adalah hal Yang Sangat Wajar Jika Salah Satu MC Berusaha Keras Untuk Menyelamatkan Suasana Chit Chat “Untuk Kesenangannya Klien”; Hingga Sampai Akhirnya Terdengar Celetukan Audience Bernada Negatif Itu #Fakta #Couple. Hal Yang Sama Dengan Salah Satu MC Tidak / Kurang Menguasai Product Knowledge (",) #Fakta #Couple.
Jika anda / saya yang di"Gratisin" oleh pasangan / couple'an; Apa yang akan anda / saya lakukan untuk "Menyelamatkan" acara; sementara celetukan bernada negatif dari audience terus terdengar; tapi Untungnya Kali Ini Celetukan Itu Bukan Ditujukan untuk anda / saya #Fakta #Couple.
Saya adalah MC Off air; saya pernah beberapa kali mengalami di"Gratisin" oleh pasangan saya saat perform; dan Sorry To Say para pasangan saya tersebut adalah dari golongan "artis" #Fakta #NoHeartFeeling.
Di"Gratisin" dalam sharing ini maksudnya :
1. Anda / saya Sama Sekali Tidak Diberi / Tidak Ada Kesempatan Untuk Bergantian Bicara / Chit Chat; dan
2. Anda / saya Tidak Ada Kesempatan Sama sekali Untuk Memotong Pembicaraannya Sekalipun Dengan Etika TerSopan yang anda / saya tahu #Fakta #NoHeartFeeling.


"Dengan Besar Hati; Dan HARUS BerBesar Hati" yang saya lakukan ketika di"Gratisin" pasangan saat perform, adalah :
1. Tetap Berada Disebelahnya;
2. Tetap Fokus dan Tetap Simak Baik Setiap Kalimat Dari Perkataannya;
3. Tetap Tersenyum;
4. Dengan Tidak Memaksa; Berusaha Mencari Kesempatan Untuk "Bisa Masuk Dalam Chit Chat" Dengan Tidak Memotong Pembicaraannya; dan terakhir
5. Tetap Menunggu Dengan Senyum Tulus Berharap Dia Segera Sadar Bahwa Dia Sedang Perform Berpasangan [Fakta : Ada Yang sadar; Ada Juga Yang Tetap Dalam "Arogansi"nya] (",) #Fakta #NoHeartFeeling.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #RitmeSaatBerbicara

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)

> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment