Sunday, March 8, 2015

SHARING 70 (8.3.2015) : “Jangan Mencari Kambing Hitam”



Please Visit My Website : sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha Entertainment / Alpha 77 Dancer (“,)

Please Follow My Instagram : sangidolamc



==========

Sharing ini berhubungan dengan sharing saya terdahulu dengan title Jika Salah Minta Maaflah #Profesional #Gentle. Juga berhubungan dengan sharing title Stage Manager / Show Director.


Sudah Seharusnya kita Paham "Bagaimana Cara Main" dengan klien / EO (",). Pada Siapa kita Harus Berhubungan Saat Acara Running #Profesional. Pada Siapa kita Harus Bertanya Saat Acara Running #SatuPintu #Profesional.
Intinya Harus Ada 1 orang Perwakilan Klien / EO yang Berhubungan Langsung dengan kita. Hubungan antara kita dengan orang dari Perwakilan Klien / EO ini biasa kita sebut dengan istilah "1 Pintu". Biasanya orang yang berhubungan dengan kita itu adalah Stage Manager / Show Director.

Saya mempunyai Kebiasaan untuk Membaca Rundown Sebelum Perform. Hal ini Selalu Saya Lakukan pada Setiap Perform Saya (",). Banyak hal yang Pasti saya Tanyakan Seputar Isi Rundown. Mungkin ada yang kesal dengan "cerewetnya" saya; Dan Saya Tidak Peduli #Preparation.
Ingat saya pernah katakan hal yang terjadi pada audience seputar performance kita : "Jika Acara Lancar maka MCnya Smart"; tapi "Jika Acara Kacau maka MCnya Bodoh" #Fakta. Ingat jugakah saya pernah katakan : "Kita Hanyalah Eksekutor Pada Hari H"; Dan Sukses atau Tidak Suksesnya Sebuah Acara ada di KePanitiaannya. Dalam Artian Ada Berbagai Seksi Yang Sudah Dipersiapkan BerBulan - Bulan Untuk meRunning Acara Tersebut #Fakta.


Yang saya tanyakan seputar Rundown antara lain : Judul lengkap acaranya apa ?; Siapa saja nama para pengsisi acaranya ?; Berapa banyak gimmick yang disediakan ?; dan mungkin masih ada lagi; semua ini tergantung isi Rundownnya #Fakta.
Pernahkah anda mendapat Rundown; dan tertulis nama - nama para pengisi acara yang ditulis hanya dengan Inisial ? #Fakta.
Pernahkah anda mendapat Rundown; dan tidak tertulis nama - nama para pengisi acaranya atau dikosongkan ? #Fakta.
Pernahkah ketika anda bertanya mendapat Jawaban yang Salah ? #Fakta. Hampir dalam Setiap Perform Pasti Saya Selalu Menemukan Hal - Hal Seperti Itu (",) #Fakta.
Saya Pernah Beberapa Kali "Salah Ucap" ==> dalam Hal ini Pengucapan Nama / Gelar. Lalu apa yang saya lakukan ? Segera setelah selesai sesi perform; saya Hampiri Orang Yang Dimana Saya Telah Salah Menyebutkan Nama / Gelarnya DAN MEMINTA MAAF as a Gentlemen TANPA MENCARI KAMBING HITAM #Fakta #Profesional.
SO HARD for This (",) Kenapa ?? Karena saya Telah Menerima Informasi yang SALAH dari “seseorang” yang ditugaskan oleh klien / EO untuk bekerjasama selama acara running #Fakta.
Anda pasti akan bertanya pada saya : "Kenapa Orang Itu Tidak Dilibatkan Saat Saya Meminta Maaf ???". Jawaban saya adalah : Tidak Perlu dan juga Tidak Penting (",).
CATAT ==> Jangan Pernah kita “Merusak” SUASANA HATI YANG SUDAH NYAMAN pada saat Perform (",) #Merugikan.

Pertanyaan saya : Apa untungnya bagi saya jika saya menegur orangnya klien / EO itu ? #BeSmart. Dan bagaimana jika dia membalikkan saya dengan berkata : "Eh anda saya yang bayar; jadi anda jangan bertingkah !!" #Fakta. Hehehe.... Kuncinya Better saya Tetap Jaga Kenyamanan Hati Saya; dan acara Pasti Happy Ending (",) #Fakta.
Dan orang yang dimana saya telah salah menyebutkan nama / gelarnya juga Sangat Paham & Terbuka UNTUK Memaafkan Saya #Fakta. Bahkan Ketika saya Harus Dimakipun karena telah salah menyebutkan nama / gelarnya; Hal Inipun Bukan Masalah Besar untuk saya, karena faktanya saya memang salah #Smile.  


Pengalamanlah yang Banyak Mengajar saya Untuk Bisa Mengakui Dengan Tulus Jika saya Melakukan Kesalahan; juga Membuka Pintu Maaf Jika Ada orang Yang Meminta Maaf (",) #ProfesionalDalamBekerja.
Percayalah; Anda dan saya Sudah Melakukan Yang Terbaik. Dan kita Pasti Mempunyai Nilai Tambah di mata orang - orang itu.

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #JanganMencariKambingHitam

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)

> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment