Friday, March 6, 2015

SHARING 69 (6.3.2015) : “Image Sebagai Seorang Public Speaker”



Please Visit My Website : sangidolamc.com

Please Visit My YouTube : Sang Idola MC / Sang Idola All Event MC / Alpha Entertainment / Alpha 77 Dancer (“,)

Please Follow My Instagram : sangidolamc


==========

Berbicara Image dapat diartikan sebagai Citra; Pesona; atau Karisma. Tidak pernah ada yang salah dengan Image terutama yang Menyangkut dengan Profesi kita sebagai Public Speaker.
Anda dan saya pastinya mempunyai Sikap & Kepribadian juga Cara Pandang yang Berbeda; dan Hal yang Sama pula pada Image. Image sangat berbeda dengan Style. Simak sharing saya kembali dengan title "Style Saat Perform" (“,).
Sharing saya ini berhubungan erat dengan cara pandang / sikap klien pada Image kita. Pernah saya singgung pada sharing terdahulu bahwa klien kadang merasa memiliki "sense of belonging" pada kita dengan Berlebihan. Hal ini adalah Fakta dan Kerap Terjadi (",) Dan Tidak Selalu Menguntungkan kita sebagai vendornya klien.

Maaf, selama ini Belum Pernah saya Mendengar Ada MC Off Air yang Dikontrak oleh klien. Sayapun juga belum pernah dikontrak oleh klien. Tapi MC Off Air yang Menjadi Langganannya klien Banyak. Sayapun Merawat Beberapa klien Langganan saya (",). Nah… berbicara “Langganan” disinilah "Image" berperan. Karena merasa sudah beberapa kali running dengan kita sebagai MCnya; Maka klien akan berkata bahwa "Dia itu MC langganan saya" (",) #Fakta.
CATAT : Rasa Memiliki klien dengan istilah "Langganan" adalah Amat Sangat Berbeda Dengan kata "Kontrak" #BeSmart (“,). Kadang saya mengalami Dilema pada saat ada Penawaran yang datang bersamaan; yang satu dari Klien Langganan; dan yang satu lagi dari Calon New Client (“,).Apakah anda pernah mengalaminya juga ?. Fakta yang menjadikan saya Dilema adalah Fee Calon New Client lebih baik dari Fee Klien Langganan.... Nah...hahahahaha.... Jadi mana yang akan saya ambil menurut anda ? Jawaban saya : Klien yang akan saya ambil adalah Klien Yang Sudah Sepakat Dengan Saya Secara Tertulis / MoU ==> Simak sharing saya terdahulu dengan title "MoU Itu Penting" (",).


Saya luaskan sharing ini kepada Competitornya klien. Secara mudahnya Competitor adalah Pesaing / Saingan. Klien langganan anda dan sayapun Pasti Memiliki Competitor. Dan dari pengalaman saya; Tidak Jarang Klien Langganan kita ada di satu event dengan Competitornya #Fakta. Juga Tidak Jarang Klien Langganan kita Meminta kita untuk "Open Warfare" saat kita perform. Saya Informasikan Bahwa Hal ini adalah “Berat” untuk Profesi kita (",) #Fakta.
Sebagai tambahan informasi saja : Di dunia MC Off Airpun Terbentuk dan Ada istilah Senior dan Junior... Lucu khan ? (",) #Fakta. Istilah senior / junior inilah yang Membawa Dampak pada personal si MC itu sendiri #Fakta. Yang senior merasa diatas angin; sedangkan yang junior jadi merasa tidak percaya diri #Fakta. Suka Tidak Suka; Fakta yang ada adalah Sebuah Event adalah Ajang Bertemunya MC - MC Off Air (",) #Fakta #PastiDanSelaluTerjadi.
Nah karena masalah Image inilah Akhirnya Competitornya Klien kita Berpikir Bahwa Sosok kita sebagai MC Sudah “Melekat” Dengan Produk dari klien Langganan kita tersebut #Fakta #Miris. Saya pernah mengalaminya dan sempat bertemu dan berbicara dengan Owner Competitornya klien saya #Miris. Dia berkata bahwa "Kalau saya memakai jasa anda; maka image orang akan pasti tertuju pada produk competitor" #Miris #Fakta. Pertanyaannya adalah : Sebegitu mudahnyakah Competitor tersebut menJudge bahwa kita Identik dengan Produk klien langganan kita ?? #Miris #Fakta. Saya Ingatkan bahwa kita Tidak Pernah Dikontrak oleh klien langganan kita #Fakta. Secara positif saya berpikir Bahwa Competitor itu Tidak Pernah Mencoba Untuk Menghubungi kita; & Akhirnya menJudge kita dengan pikirannya sendiri (",) #Fakta.


Secara Profesional Profesi saya akan menghormati klien lama saya; dan pasti akan menghormati para calon klien baru saya. Sampai detik ini dimana saya sedang menulis sharing ini; saya Berusaha untuk Selalu Menjalin Hubungan Baik dengan Para Pemakai Jasa saya (“,). Saya berprinsip “Biarlah klien berkata apapun tentang saya; Asalkan Tetap Berada diJalur Yang Benar Saya Pasti Akan Mampu Bertahan di Public Speaking World ini” (",).

Saya akan tetap menulis dengan konsep Sharing dan BUKAN Teaching sesuai dengan pengalaman saya di Public Speaking World ini tentunya dengan Sharing Title yang berbeda (",)

Harapan saya Sharing ini dapat bermanfaat bagi anda (",) #ImageSebagaiSeorangPublicSpeaker

Sekilas Penulis :
> Alpha MC A.K.A. Sang Idola MC
   (Professional Master of Ceremony & Games Master for All Event)

> Pembicara Publik Profesional sampai saat ini (",)

No comments:

Post a Comment